Jumat, 11 Januari 2013

Cara penulisan CV atau Curiculum Vitae dalam surat lamaran pekerjaan

Diposting oleh Unknown di 06.00
Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup sering juga disebut Resume. Saat Anda melamar pekerjaan sangat identik dengan CV yang efektif. Penulisan CV merupakan cermin diri dari sang pemilik CV. CV yang baik dapat mengantarkan Anda menuju kesuksesan. Hal yang cukup penting untuk diingat yaitu bahwa CV yang baik akan selalu memikat perhatian perusahaan yang dilamar. Dari CV akan tergambar bagaimana sosok pemilik CV tersebut, misalnya memiliki motivasi kerja, kepribadian, keaktifan, pengalaman, keterampilan dan keluasan minat. Berikut beberapa tips agar perusahaan mau melirik CV Anda.

Cara Penulisan. 

Banyak orang yang masih bingung tentang penulisan CV, dengan tulisan tangan atau menggunakan komputer. Belum ada ketentuan pasti tentang cara penulisan tersebut. Namun sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini banyak perusahaan yang menerima CV via email, maka sebaiknya ketiklah CV anda menggunakan komputer. Jika memang perusahaan yang Anda lamar menerima CV via Pos mungkin Anda masih bisa mencoba membuat CV dengan tulisan tangan, karena masih ada beberapa perusahaan yang ingin mengetahui kemampuan menulis Anda melalui CV yang di buat. Ada juga perusahaan yang memberi keharusan CV ditulis tangan atau diketik dengan komputer.

Bahasa Penulisan.

Pastikan bahwa Anda tahu tentang perusahaan yang Anda lamar dan gunakan bahasa inggris untuk penulisan CV bagi perusahaan asing atau perusahaan ternama yang berbasis di kota besar, pastikan CV di tulis dengan benar dengan tata bahasa yang semestinya dan sopan sehingga dapat menimbulkan kesan positif bagi si penerima CV.

Berikan informasi lengkap. 

Berikan informasi detail mengenai diri Anda dan tidak bertele-tele. Cantumkan jika Anda memiliki keterampilan dan minat yang Anda kuasai karena hal tersebut akan menjadi nilai tambah buat Anda. Cantumkan juga pengalaman kerja bagi yang sudah pernah bekerja. Mencakup data tahun bekerja, nama dan lokasi perusahaan, jabatan, dan job description setiap pekerjaan. Susunlah dengan runtut dari tahun pekerjaan yang paling lama sampai dengan pekerjaan yang paling baru. Karena pengalaman kerja merupakan salah satu hal penting yang diperhatikan. Jika Anda memiliki masa kerja yang hanya sebentar dibeberapa perusahaan, siapkan alasan yang baik mengapa Anda berhenti bekerja. Karena perusahaan akan sangat mempertimbangkan jika Anda memiliki ,track record yang singkat di beberapa perusahaan.

Hal yang harus di ingat adalah bahwa CV yang baik akan membuat Anda lebih mudah dalam memperoleh pekerjaan, oleh karena itu buatlah CV yang menggambarkan sosok diri Anda sebagai yang terbaik.
hal ini perlu diketahui oleh peserta didik yang baru lulus dari jenjang pendidikan SMK/SMA/SLTA sederajat yang ingin segera mencari pekerjaan yang memerlukan CV. dengan mengetahui tips2 diatas, semoga bisa menjadi panduan untuk lulusan SMK/SMA sederajat yang belum mengetahui tentang CV.

0 komentar:

Posting Komentar

 

welcome to my blog ^^ Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea